Kamis, 03 Maret 2011

rancang bangun sarana prasarana

I.PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang
Dalam dunia pendidikan SIM merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan suatu institut/lembaga pendidikan, terutama yang sudah memiliki nama dan kualitas yang terjamin baik. Salah satu poin penting dapat melaksanakan pendidikan adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai.
Sarana dan prasarana berperan besar dalam mempelancar proses belajar mengajar maupun peningkatan prestasi akademik siswa. Dari kenyataan tersebut terlihat bahwa sarana dan prasarana berfungsi untuk menunjang kualitas pendidikan selain kuailitas tenaga pendidikan dan kependidikan yang ada didalamnya.Stakeholder ataupun masyarakat cenderung menjadikan ketersediaan dan kelengkapan sarana dan prasarana sebagai salah satu tolak ukur kualitas sebuah. institusi pendidikan. Semakin lengkap sarana dan prasarana pada sebuah institusi semakin tinggi nilai institusi tersebut. Oleh karenanya kehadiran informasi mengenai sarana dan prasarana adalah hal yang penting seperti halnya kebutuhan informasi mengenai guru dan tenaga kependidikan, siswa, kurikulum, dan lainnya pada sebuah institusi pendidikan. Ketersediaan SIMP bidang sarana dan prasarana khususnya yang telah berbasis computer ataupun Web menjadi nilai plus suatu institusi pendidikan karena dengan demikian berarti informasi tersebut sudah dapat diakses oleh khalayak luar secara praktis dan akuran. Dengan demikian rancang bangun SIMP bidang sarana dan prasarana merupakan salah satu langkah penting untuk memulainya.bidang sarana dan prasarana pendidikan. Sistem informasi ini juga memungkinkan terjaganya keutuhan dan keamanan pada masa sesuai dengan kebutuhan data tentangg sarana dan prasarana akan tetap ada dan terjaga meskipun keadaan sarana itu sendiri telah rusak berat atau hilang.

1.2 Pelaksanaan SIMP dalam bidang Sarana dan Prasarana di SMA N I Muara Bungo.

Untuk mendapatkan informasi dalam bidang sarana dan prasarana, SMAN I Muara Bungo. menata informasi tentang asset sekolah baik berupa sarana pembelajaran maupun prasarana bangunan dengan melakukan pendataan dan pencatatan mulai dari penomoran asset, lokasi asset, penggunaan asset dan jumlah aset.
Dalam permen no.24 tahun 2007 tentang standar Sarana dan Prasarana ditetapkan kriteria minimum, dalam hal ini SMA N I Muara Bungo. melakukan langkah-langkah untuk memenuhi standar tersebut, antaranya:
Membuat perencanaan tahunan dan rencana operasional berkaitan manajemen sarana dan prasarana, yang dirancang sesuai misi dan visi sekolah, kebutuhan dan perkembangan iptek. Menyediakan dokumen pengaturan dan pengadaan barang dan jasa
Menyediakan dokumen kondisi sarana dan prasarana per tahun
Membuat program pengembangan sarana dan prasarana sesuai dengan kemuthakiran Menyusun mekanisme pengadaan barang dan membuat pedoman laporan pengadaan barang Menyusun jadwal monitoring dan evaluasi serta perbaikan mutu berkaitan dengan implementasi sarana dan prasarana

1.3 Rancang bangun sarana dan prasarana SMA N I Muara Bungo

Nama Sekolah
Nama Sekolah : SMA N 1 Muara Bungo
NSS : 301100201001
NPSN : 10500779
Alamat : Jl.DR.Sri Soedewi, SH No.20 Muara Bungo
Kecamatan : Rimbo Tengah
Kabupaten : Bungo
Propinsi : Jambi
Website : www.sman1_bungo.com
E-mail : smansabungo@gmail.com
No.Telepon : 0747-21109
Akreditasi : A

I.Data Sarana Prasarana

a. Lahan .
1). Luas total = 9980 m2
2). Keliling = 390 m ( dipagar dengan baik )
3). Status = Milik dengan sertifikat

b. Ruang

No. Jenis Ruang Jmh Luas Keadaan
1. Ruang Teori 20 1.120 .m2 Baik
2. Ruang Ka.Sekolah 1 16 m 2 Baik
3. Ruang Tata Usaha 1 48 m2 Baik
4. Ruang Majelis Guru 1 150 m2 Baik
5. Ruang BP/BK 1 20 m2 Baik
6. Ruang Lab IPA 2 150 m2 Baik
7. Ruang Lab. Bahasa 1 150 m2 Bak
8. Ruang Lab.Komputer 1 56 m2 Baik
9. Ruang Perpustakaan 1 150 m2 Baik
10. Ruang Pertemuan 1 300 m2 Baik
11. Osis 1 20 m2 Baik
12. Koperasi Siswa 1 15 m2 Baik
13. Pramuka 1 15 m2 Bak
14. UKS 1 12 m2 Baik
15. Ibadah ( Musholla) 1 120 m2 Baik
16. Gardu Satpam 1 4 m2 Baik
17. Gudang 1 60 m2 Baik
18. Kantin 2 40 m2 Baik
19. WC siwa 12 36 m2 Bak
20. Wc. Guru / Pegawai 3 9 m2 Baik

c. Lapangan Olah Raga/ Taman

No. Jenis lapangan Jmh Luas Keadaan
1. Basket 1 120 m2 Baik
2. Volli 2 60 m2 Baik
3. Takraw 1 60 m2 Baik
4. Lompat Jauh 1 20 m2 Baik
5. Bermain 1 200 m2 Baik
6. Taman 1 300 m2 Baik

d. Peralatan

No. Jenis Sarana Jumlah / Unit Keadaan Keterangan
1 Alat Praktikum Biologi Tdk.Cukup Rusak
2 Alat Pratikum Biologi Tdk.cukup Rusak
3 Alat Pratikum Fisika Tdk.cukup Rusak
4 Alat Praktek Lab. Bahasa Tdk.cukup Baik
5 Alat Peraga IPS 15 Baik
6 Alat Peraga Matematika 10 Baik
7 Alat Peraga Pend.Agama 5 Baik
8 Alat Pemb. Kesenian 10 Baik
9 Alat Pembelajaran Penjaskes 20 Baik
10 Komputer Pembelajaran TIK 20 Baik
11 Alat Pembelajaran Audio 2 Baik
12 Alat Pembelajaran Vidio 4 Baik
13 Buku-Buku Perpustakaan 10.000 Baik
14. Laptop Pembelajaran 2 Baik
15. LCD 5 Baik
16. Alat ICT TU/ Guru .
a. PC Pentium 4 10 Baik
b. Server intranet 1 Baik
c. Pinter 5 Baik

e. RENCANA DAN PROGRAM PENGEMBANGAN

Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana bertaraf internasional:
1. Pemenuhan sarana dan prasarana bertaraf internasional
2. Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya bertaraf internasional
3. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian bertaraf internasional Sarana prasarana
4. Menyusun program kegiatan dalam memenuhi sarana prasarana / perlalatan yang lengkap/ cukup sesuai kondisi ideal SBI seperti :
i. Media Pembelajaran
ii. Peralatan ruang Kelas
iii Peralatan Ruang Laboratorium
iv. Peralatan Ruang Perpustakaan
v. Peralatan Ruang Guru, TU, Ka.Sekolah
vi. Peralatan ruang BP/BK
vii Peralatan ruang UKS/Pramuka/Osis/Koperasi.
viiiAlat Pelajaran

f. Hasil yang diharapkan

Hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengembangan sarana prasarana ini adalah:
1. Tersusunnya program-program yang dalam upaya pengembangan fasilitas sekolah berstandar internasional;
2.Terpenuhinya fasilitas pokok sekolah bertaraf/berstandar internasional, seperti fasilitas laboratorium Bahasa Inggris, laboratorium IPA (Biologi, Fisika-Kimia), laboratorium komputer (dengan komputer Pentium, jaringan internet yang terpasang lengkap ke sistem (lab. Komputer, perpustakaan, ruang guru, ruang kepala sekolah, TU, ruang multi media, dan sebagainya), pusat multi media, dan peralatan media pembelajaran di kolas (TV. VCD, Tape, OIIP, LCD, laptop. dan lain-lain);
3.Terpenuhinya fasilitas pendukung berstandar internasional untuk pembelajaran sekolah dan manajemen sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing
4.Terpenuhinya sekolah bersih dan sehat dan berwawasan lingkungan.
5.Terpenuhinya sarana prasarana 6K di sekolah
6.Masyarakat sekolah terbiasa dengan budaya bersih dan sehat nyaman dan indah

g.Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:

1.Pengembangan budaya bersih
2.Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi)
3.Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi
4.Penciptaan budaya tata krama “in action”
5. Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan bidang 6K
6. Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll

Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana bertaraf internasional: meningkatkan
kerjasama, komunikasi, koordinasi serta lobi terhadap pihak yang berkompeten di
jajaran Departemen Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan Provinsi dan
Kabupaten/kota maupun dunia usaha untuk mendapatkan sarpras, fasilitas dan bahan
yang dibutuhkan

H. Sarana dan Prasarana

Hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengembangan sarpras ini adalah:
1. Tersusunnya program-program yang dalam upaya pengembangan fasilitas sekolah berstandar internasional;
2.Terpenuhinya fasilitas pokok sekolah bertaraf/berstandar internasional, seperti fasilitas laboratorium Bahasa Inggris, laboratorium IPA (Biologi, Fisika-Kimia), laboratorium komputer (dengan komputer Pentium 4), jaringan internet yang terpasang lengkap ke sistem (lab. Komputer, perpustakaan, ruang guru, ruang kepala sekolah, TU, ruang multi media, dan sebagainya), pusat multi media, dan peralatan media pembelajaran di kolas (TV. VCD, Tape, OIIP, LCD, laptop. dan lain-lain);
3. Terpenuhinya fasilitas pendukung berstandar internasional untuk pembelajaran sekolah dan manajemen sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing;

i. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:

1. Terpenuhinya sekolah bersih dan sehat dan berwawasan lingkungan.
2. Terpenuhinya sarana prasarana 6K di sekolah
3. Masyarakat sekolah terbiasa dengan budaya bersih dan sehat nyaman dan indah

II. DATA SARANA DAN PRASARANA

a. Sarana Fisik

No. Jenis Sarana Jumlah / Unit Keadaan Keterangan
1 Ruang Kepala Sekolah 1 Baik
2 Ruang Tata Usaha 1 Baik
3 Ruang Majelis guru 1 Baik
4 Ruang BP / BK 1 Baik
5 Ruang UKS 1 Baik
6 Ruang Satpam 1 Baik
7 Kantor Osis 1 Baik
8 Kantor Pramuka 1 Baik
9 Ruang Pertemuan/ Aula 1 Baik
10 Gudang 1 Baik
11 Laboratorium Bahasa 1 Baik
12 Laboratorium Biologi /Kimia 1 Baik
13 Laboratorium Fisika 1 Baik
14 Ruang Teori /Belajar 21 Baik
15 Ruang Komputer 1 Baik
16 Ruang Serbaguna / Ketrampilan1 Baik
17 Lapangan Volly 1 Baik
18 Lapangan Basket 1 Baik
19 Lapangan Takraw 1 Baik
20 Ruang Perpustakaan 1 Baik

b. Sarana Pembelajaran / Media Pembelajaran.

No. Jenis Sarana Jumlah / Unit Keadaan Keterangan
1 Alat Praktikum Biologi Cukup Baik
2 Alat Pratikum Biologi Cukup Baik
3 Alat Pratikum Fisika Cukup Baik
4 Alat Praktek Lab. Bahasa cukup Baik
5 Alat Peraga IPS 15 Baik
6 Alat Peraga Matematika 10 Baik
7 Alat Peraga Pend.Agama 5 Baik
8 Alat Pemb. Kesenian 10 Baik
9 Alat Pembelajaran Penjaskes 20 Baik
10 Alat Pembelajaran Komputer 10 Baik
11 Alat Pembelajaran Audio 2 Baik
12 Alat Pembelajaran Vidio 4 Baik
13 Buku-Buku Perpustakaan 10.000 Baik

c. Sarana penunjang.

No. Jenis Sarana Jumlah / Unit Keadaan Keterangan
1 Musholla 1 Baik Permanen
2 Parkir 1 Baik
3 Gardu Satpam 1 Baik Permanen
4 Kantin Sekolah 4 Baik
5 Gudang 1 Baik Permanen
6 Selasar 1 Baik
7 Taman depan 2 Baik
8 Taman dalam 2 Baik
9 Kebun Sekolah 1 Baik
10 WC. Guru /Ka.Sekolah 3 Baik Permanen
11. WC. Siswa 8 Baik Permanen
12. Intalasi Air 2 Baik Pam/ Sumur
13. Instalasi Listrik 1 Baik 3300 wat
14. Sanitasi Cukup

d. Rencana

Menyusun program kegiatan dalam memenuhi sarana prasarana / perlalatan yang lengkap/ cukup sesuai kondisi ideal SBI seperti :
1. Media Pembelajaran
2. Peralatan ruang Kelas
3. Peralatan Ruang Laboratorium
4. Peralatan Ruang Perpustakaan
5. Peralatan Ruang Guru, TU, Ka.Sekolah
6. Peralatan ruang BP/BK
7. Peralatan ruang UKS/Pramuka/Osis/Koperas

II. TANTANGAN NYATA SEKOLAH
tantangan nyata sekolah berdasar hasil evaluasi diri sekolah adalah masih belum mencukupinya sarana dan prasarana sesuai dengan jumlah siswa dan juga dibandingkan dengan kondisi ideal SBI .
.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar