Jumat, 18 Februari 2011

TENDIK


http://tendik.org/


Upaya-upaya Kreatif dalam Aktivitas Pembelajaran


http://www.beranda-jiwa.info/makalah-paradigma-guru-dan-pengajar-di-indonesia/


http://mamandena.blogspot.com/2010/12/strategi-pembelajaran-terkini.html

http://annur.info/tk_pembelajaran.htm

Best Practice

Prestasi Non Akademik

No Nama Lomba Tahun 2006/2007 Tahun 2007/2008
Juara Ke- Tingkat Juara Ke- Tingkat
Kab/ Kota Pro-pinsi Nasio-nal Kab/ Kota Pro-pinsi Nasio-nal

1 Komite Putra ( Karate ) I √
2 Komite Putri ( Karate ) III √
3 Atletik ( Lari 200 m ) I √
4 Festival band I/II √ √
5 Modelling Siswa Berbakat I √
6 Tanding Basket III √
7 Tari Daerah I √
8 Bujang Gadis II √
9 Karaoke I, II √
10 Pidato I √
11 Festival Band Antar SMA Tk. Propinsi I √
12 Pertukaran Pelajar ke Jepang √

Prestasi Akademik

a. Prestasi Akademik : NUAN
No Tahun Pelajaran Rata-rata NUAN
Bhs. Indonesia Matematika Bahasa Inggris Jumlah Rata-rata tiga mapel

1 2006/2007 6,76 8,75 8,34 23,85 7,95
2 2007/2008 7,02 7,77 7,54 22,33 7,44
3 2008/2009 6,01 7,95 8 21,96 7,32


Prestasi Akademik: Peringkat rerata NUAN

No Tahun Pelajaran Peringkat
Tingkat Kec. (Rayon) Tingkat Kab./Kota Tingkat Provinsi
Sek. Negeri Sek. Swasta Sek. Negeri dan Swasta Sek. Negeri Sek. Swasta Sek. Negeri dan Swasta Sek. Negeri Sek. Swasta Sek. Negeri dan Swasta




1 2006/2007 1 1
2 2007/2008 1 1
3 2008/2009 1 1


b. Prestasi Akademik : Nilai Ujian Sekolah (US)

No Mata Pelajaran Rata-rata Nilai US
Tahun 2006/2007 Tahun 2007/2008 Tahun 2008/2009
1 Agama 7,07 7,34 7,85
2 PKn 7,21 7,01 8,4
3 Sejarah 6,99 7,21 7,25
4 Biologi 7,55 7,87 9,08
5 Fisika 7,49 7,63 8,64
6 Kimia 8,03 8 8,95
7 Sosiologi 6,47 7,35 7,72
8 Antropologi 6,53 7,07 4,13
9 Sastra Indonesia 7,19 6,96 6,28
10 Sejarah Budaya 6,77 6,96

7

c. Angka Kelulusan dan Melanjutkan
No Tahun Pelajaran Jumlah Kelulusan dan Kelanjutan Studi
Jumlah Peserta Ujian Jumlah Lulus % Kelulusan % Lulusan yang melanjutkan pendidikan % Lulusan yang TIDAK melanjutkan pendidikan



1 2006/2007 290 283 97,5 70 30
2 2007/2008 309 309 100 75 25
2 2008/2009 153 140 91,5 80 20


d. Perolehan Kejuaraan / Prestasi Akademik : Lomba-lomba

No Nama Lomba Tahun 2006/2007 Tahun 2007/2008
Juara Ke- Tingkat Juara Ke- Tingkat
Kab/ Kota Pro-pinsi Nasio-nal Kab/ Kota Pro-pinsi Nasio-nal

1 ICC I √
2 Pidato dan Debat Bahasa Inggris I √
3 LCT Komputer II √
4 Olympiade Sains I √
5 Lomba Fisika Se-Sumatra 265 √
6 Olympiade Sains 1 √
7 Lomba Pidato 1 √
8
9
10

Pegawai Tidak Tetap di SMA Negeri 1 Muara Bungo Tahun 2009

NO N A M A TEMPAT / TANGGAL LAHIR IJAZAH TERAKHIR T.M.T LAMA BEKERJA KETERANGAN
1 Rita Ekawati Asam Kumbang, 10 Oktober 1981 SMA IPA, 2000 01 - 02 - 2001 8 tahun PTT
2 Lisa Renita Bikittinggi, 25 Agustus 1984 D1 Econet LP3M, 2003 01 - 01 - 2004 5 tahun PTT
3 Anasrul, A.Md Tuo Limbur, 13 Januari 1982 D3 Administrasi Niaga, 2005 01 - 12 - 2005 4 tahun PTT
4 Indria Nofrita Padang, 22 November 1980 SMA IPA, 1999 01 - 01 - 2006 3 tahun PTT
5 Lia Sugiarti Way Kekah, 18 Januari 1990 SMA IPS, 2008 01 - 07 - 2008 1 tahun PTT
6 Suparyo Pati, 10 Juli 1968 SMA IPS 2004 5 tahun Satpam
7 Abdul Kadir Rantau Pandan, 22 Desember 1986 SMA 20 - 03 - 2009 1 bulan Pesuruh

Teori Pembelajaran dan Belajar

TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Pengertian Belajar Cronbach (1954) berpendapat : Learning is shown by a
change in behaviour as result of ex perience ; belajar dapat dilakukan secara baik dengan
jalan mengalami. Menurut Spears : Learning is to observe, to read, to imited, to try
something themselves, to listen, to follow direction, dimana pengalaman itu dapat
diperoleh dengan mempergunakan panca indra.
Robert. M. Gagne dalam bukunya : The Conditioning of learning
mengemukakan bahwa : Learning is a change in human disposition or capacity, wich
persists over a period time, and wich is not simply ascribable to process of growth.
Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara
terus menerus, bukan hanya disebabkan oleh proses pertumbuhan saja. Gagne
berkeyakinan, bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalam diri
dan keduanya saling berinteraksi. Dalam teori psikologi konsep belajar Gagne ini
dinamakan perpaduan antara aliran behaviorisme dan aliran instrumentalisme.
Lester.D. Crow and Alice Crow mendefinisikan : Learning is the acuquisition
of habits, knowledge and attitudes. Belajar adalah upaya untuk memperoleh kebiasaankebiasaan,
pengetahuan dan sikap-sikap. Hudgins Cs. (1982) berpendapatHakekat belajar
secara tradisional belajar dapat didefinisikan sebagai suatu perubahan dalam tingkah laku,
yang mengakibatkan adanya pengalaman . Jung , (1968) mendefinisikan bahwa belajar
adalah suatu proses dimana tingkah laku dari suatu organisme dimodifikasi oleh
pengalaman. Ngalim Purwanto, (1992 : 84) mengemukakan belajar adalah setiap
perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku, yang terjadi sebagai suatu hasil dari
latihan atau pengalaman.
Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah segenap
rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan
mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau
kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya.Oleh sebab itu apabila setelah
belajar peserta didik tidak ada perubahan tingkah laku yang positif dalam arti tidak
memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuannya tidak bertambah maka dapat
dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna.

Pada dasarnya prinsip belajar lebih dititikberatkan pada aktivitas peserta didik
yang menjadi dasar proses pembelajaran baik dijenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah
Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah lanjutan Tingkat Atas (SLTA) maupun
Tingkat Perguruan Tinggi.
Arifin (1978) mendefinisikan bahwa mengajar adalah " . suatu rangkaian
kegiatan penyampaian bahan pelajaran kepada murid agar dapat menerima, menanggapi,
menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu ". Tyson dan Caroll (1970)
mengemukakan bahwa mengajar ialah . a way working with students ... A process of
interaction . the teacher does something to student, the students do something in return.
Dari definisi itu tergambar bahwa mengajar adalah sebuah cara dan sebuah proses
hubungan timbal balik antara siswa dan guru yang sama-sama aktif melakukan kegiatan.
Nasution (1986) berpendapat bahwa mengajar adalah " . suatu aktivitas mengorganisasi
atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya danmenghubungkannya dengan anak, sehingga
terjadi proses belajar". Tardif (1989) mendefinisikan, mengajar adalah . any action
performed by an individual (the teacher) with the intention of facilitating learning in
another individual (the learner), yang berarti mengajar adalah perbuatan yang dilakukan
seseorang (dalam hal ini pendidik) dengan tujuan membantu atau memudahkan orang lain
(dalam hal ini peserta didik) melakukan kegiatan belajar. Biggs (1991), seorang pakar
psikologi membagi konsepmengajar menjadi tiga macam pengertian yaitu
a. Pengertian Kuantitatif dimana mengajar diartikan sebagai the transmission of
knowledge, yakni penularan pengetahuan. Dalam hal ini guru hanya perlu menguasai
pengetahuan bidang studinya dan menyampaikan kepada siswa dengan sebai-baiknya.
Masalah berhasil atau tidaknya siswa bukan tanggung jawab pengajar.
b. Pengertian institusional yaitu mengajar berarti . the efficient orchestration of
teaching skills, yakni penataan segala kemampuan mengajar secara efisien. Dalam hal ini
guru dituntut untuk selalu siapmengadaptasikan berbagai teknik mengajar terhadap siswa
yang memiliki berbagai macam tipe belajar serta berbeda bakat , kemampuan dan
kebutuhannya.
c. Pengertian kualitatif dimana mengajar diartikan sebagai the facilitation of
learning, yaitu upaya membantu memudahkan kegiatan belajar siswa mencari makna dan
pemahamannya sendiri. Dari definisi-definisi mengajar dari para pakar di atas dapat

ditarik kesimpulan bahwa mengajar adalah suatu aktivitas yang tersistem dari sebuah
lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam
melakukan suatu kegiatan sehingga terjadi proses belajar dan tujuan pengajaran tercaqpai.
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber
belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan
pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan , penguasaan
kemahiran dan tabiat , serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik.
Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat
belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta
dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang
mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks
pendidikan , guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran
hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat
mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor)
seseorang peserta didik. Pengajaran memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak,
yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi
antara guru dengan peserta didik.
KURIKULUM
Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga
penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada
peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata
pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan

dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya
disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan.
Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan
tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.
Kompetensi Dasar merupakan pengembangan potensi-potensi perkembangan
pada anak yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan
usianya berupa pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang dapat dikenali
melalui sejumlah hasil belajar dan indikator yang dapat diukur dan diamati.
Hasil Belajar merupakan cerminan kemampuan anak yang dicapai dari suatu
tahapan pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar. Indikator merupakan hasil
belajar yang lebih spesifik dan terukur dalam satu kompetensi dasar. Apabila serangkaian
indikator dalam satu kompetensi dasar sudah tercapai, berarti target kompetensi dasar
tersebut sudah terpenuhi.
MOTIVASI BELAJAR
Motivasi belajar setiap orang, satu dengan yang lainnya, bisa jadi tidak sama.
Biasanya, hal itu bergantung dari apa yang diinginkan orang yang bersangkutan.
Misalnya, seorang anak mau belajar dan mengejar rangking pertama karena diimingimingi
akan dibelikan sepeda oleh orangtuanya. Contoh lainnya, seorang mahasiswa
mempunyai motivasi belajar yang tinggi agar lulus dengan predikat /cum laude/. Setelah
itu, dia bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang hebat dengan tujuan
membahagiakan orangtuanya. Apa saja, sih, faktor-faktor yang membedakan motivasi
belajar seseorang dengan yang lainnya? Beberapa faktor di bawah ini sedikit banyak

memberikan penjelasan mengapa terjadi perbedaaan motivasi belajar pada diri masingmasing
orang, di antaranya:
1. Perbedaan fisiologis (physiological needs), seperti rasa lapar, haus, dan hasrat seksual .
2. Perbedaan rasa aman (safetyneeds), baik secara mental, fisik, dan intelektual.
3. Perbedaan kasih sayang atau afeksi (love needs) yang diterimanya
4. Perbedaan harga diri (selfesteemneeds). Contohnya prestisememiliki mobil atau rumah
mewah, jabatan, dan lain-lain.
5. Perbedaan aktualisasi diri(self actualization), tersedianya kesempatan bagi seseorang
untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya sehingga berubah menjadi
kemampuan nyata.
Stimulus motivasi belajar Terdapat 2 faktor yang membuat seseorang dapat
termotivasi untuk belajar, yaitu:
1. Pertama, motivasi belajar berasal dari faktor internal. Motivasi ini terbentuk
karena kesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya belajar untuk
mengembangkan dirinya dan bekal untuk menjalani kehidupan.
2. Kedua,motivasi belajar dari faktor eksternal, yaitu dapatberupa rangsangan dari
orang lain, atau lingkungan sekitarnya yang dapat memengaruhi psikologis orang
yang bersangkutan. Tips-tips meningkatkan motivasi belajar Motivasi belajar
tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita,
atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya.
Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapa pun
juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi. Yuk, ikuti tips-tips
berikut untuk meningkatkan motivasi belajar kita:
1. Bergaullahdenganorang-orangyang senang belajar.Bergaul denganorang-orang
yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain
itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam
belajar. Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang
yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi,
orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang
mendapat penghargaan atas sebuah presrasi. Kebiasaan dan semangat mereka
akan menular kepada kita. Seperti halnya analogi orang yang berteman dengan

tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang
pandai besi, maka kita pun turut terciprat bau bakaran besi, dan jika bergaul
dengan penjual minyak wangi, kita pun akan terciprat harumnya minyak wangi.
2. Belajar apapun, Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal
maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti
merakit komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain
lain-lainnya.Belajar dari internet, Kita bisa memanfaatkan internet untuk
bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Salah satu milis
dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri. Sebagai
contoh, jika ingin termotivasi untuk belajar bahasa Inggris, kita bisa masuk ke
milis Free-English-Course@yahoogroups.com.
3. Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif. Di
dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kita
akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan
orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya.
4. Cari motivator. Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau
mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: teman, pacar, ataupun pasangan hidup.
Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang
dapat membantu mengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih
prestasi.

KOMPOSISI GURU TIDAK TETAP (GTT) TAHUN ANGGARAN 2009

KOMPOSISI JUMLAH GURU TIDAK TETAP ( GTT )

TAHUN  ANGGARAN  2009








SMA  NEGERI 1 MUARA BUNGO










NO N A M A TEMPAT / TANGGAL LAHIR IJAZAH TERAKHIR T.M.T LAMA BEKERJA KETERANGAN
1 Depi Eriyani, S.Pd Alang-alang, 25 Juni 1976 S1/A4, Kewarganegaraan 01 - 01 - 2001 8 tahun GTT
2 Syamsidar, SE Padang Pariaman, 25 Agustus 1975 S1, Ekonomi 01 - 08 - 2005 4 tahun GTT
3 Ade Fatra, ST Jambi, 17 September 1982 S1, Tek. Industri, A4 Komputer 01 - 08 - 2005 4 tahun GTT
4 Sari Kurnia Arisandi Ansa Noor, SS Muara Bungo, 27 Maret 1982 S1/A4, Sastra dan Bahasa Arab 01 - 07 - 2006 3 tahun GTT
5 Sri Yusnita Ningsih, S.Kom Sawah Lunto, 17 Mei 1980 S1, Komputer 15 - 01 - 2006 3 tahun GTT

























Muara Bungo,  08 April 2009




K E P A L A

DAFTAR NAMA PESERTA UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2009-2010













DAFTAR  NAMA PESERTA UJIAN NASIONAL 

TAHUN PELAJARAN 2009-2010

NAMA SEKOLAH : SMA N 1 MUARA BUNGO





KABUPATEN : BUNGO






KURIKULUM : 2006 ( KTSP )




Model 8355










Prog.Ilmu Bahasa











No.Urut Kls.        Paralel NIS NISN N a m a  Tempat Lahir Tanggal Lahir J. Kel Nama Orang Tua Alamat  Pas Photo
                     
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
1 XII IB 8594 9912918552 BRYAN TRI PRADIPTA Muara Bungo 28 Juli 1991 L SYAFRIADI Lrg. Bahagia 99 Damai  
2 XII IB 8925 9912918556 DATINA MARTAPELA Muara Bungo 3 September 1991 P TARMIZI Lrg. Sepakat II  
3 XII IB 8992 9923653618 DAVI OKTAVIANI Muara Bungo 12 Oktober 1992 P ZULKARNAINI A. Jl. Lebai Hasan  
4 XII IB 8963 9912918561 DEFRI WAHYU SAPUTRA Muara Bungo 1 Desember 1991 L M. ISA RUSLI Lrg. Rajawali  
5 XII IB 9083 9923653623 DENDI PRADIGTA Kerinci 20 April 1992 L MAIZARLIS. BA Jl. Lebai Hasan  
6 XII IB 8964 9923653627 DEWI  FLORA Medan 12 Mei 1992 P ALDWYN NAPITUPULU  BTN Simp. Jambi  
7 XII IB 8929 9923653649 ELDY REDHO PUTRA Muara Bungo 21 Oktober 1992 L SUDIWAN Saptamarga  
8 XII IB 9111 9923653652 ELSA YULIANDA  Muara Bungo 10 Juli 1992 P ZAINAL ARIFIN Depan LP  
9 XII IB 8999 9933857675 EZZY ARISTA CHANIAGO Rantau Prapat 23 Juni 1993 P ALJUMASSI Sei. Kerjan  
10 XII IB 9025 9923653659 FERA YUNITASARI Muara Bungo 18 Juni 1992 P RADIYO Lrg. Rajawali  
11 XII IB 9169 9923653661 FIDHA RASYIDA Muara Bungo 8 September 1992 P JAHIDIN BTN Lintas Asri  
12 XII IB 8970 9923653671 HANE  SAPUTRA  Danau Buluh  4 Maret 1992 L HERPENDI Danau Buluh  
13 XII IB 9847   HENDRI VERDIAN Bukitsari 23 Februari 1992 L SAHARMAN Lrg. Merpati  
14 XII IB 9171 9923653677 HENGKI SATRIA EKA PUTRA Tanjung Menanti 1 April 1992 L ABD. KARIM Tanjung Menanti  
15 XII IB 9181 9923653681 IKSAN GILANG PERDANA Muara Bungo 2 Maret 1992 L ADAM Simp. Somel  
16 XII IB 9030 9923653686 JEVRY NALDO Muara Bungo 4 Agustus 1992 L ERDO NETRIS Angso Duo  
17 XII IB 9149 9912918624 MEINAR SARI LUBIS Rimbo Bujang 10 Oktober 1991 P PUDEL LUBIS Sei. Kerjan  
18 XII IB 9141 9923653710 MIRA BELLA MULYAWATI Muara Bungo 4 Juli 1992 P YAMAN Saptamarga  
19 XII IB 8938 9923653712 MUHAMMAD ASSYARIF HIDAYAT Kebumen 23 Desember 1992 L SURATNO Pal 2  
20 XII IB 8940 9912918644 NUR HALIMAH Kampung Tongah  2 Juli 1991 P ASRAMAL Jl. Guru  
21 XII IB 9219 9935315777 PEBRIA HESTININGTIAS Lubuk Linggau 19 Pebruari 1993 P PRIYANTO Lrg. Merangin  
22 XII IB 9067 9923653744 REZA ELMIRA SARI Muara Bungo 01 Nopember 1992 P H. ERLIUS Lrg. Yogya  
23 XII IB 8619 9912918675 ROBBY SAPUTRA Muara Bungo 29 Mei 1991 L PAIMAN Belakang SMAN 1  
24 XII IB 9072 9933857693 ROSI RIDYA Muara Bungo 9 Maret 1993 P JAMALUIS Belakang Pasar Atas  
25 XII IB 8979 9923653783 TARI EKA OKTARIKA Muara Bungo 31 Oktober 1992 P SUMANTO Belakang SMAN 1  
26 XII IB 9103 9923653784 TIARA RIZKY NOVITA Muara Bungo 21 Nopember 1992 P BAHTIAR Belakang AKPER  
27 XII IB 8980 9923653786 UCOK NASUTION Muara Bungo 30 Oktober 1992 L A. SUHENDRI Jl. Lebai Hasan  
28 XII IB 8951 9912918697 WAHYUNI  Bukittinggi 4 Januari 1991 P NUSIRWAN Pasar Bawah  
29 XII IB 9203 9933857700 WULAN PRASASTI Muara Bungo 8 Mei 1993 P ARI BINTORO Sei. Arang  

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) SCHOOL DEVELOPMENT AND INVESTMENT PLAN (SDIP) RINTISAN SMA BI

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS)
SCHOOL DEVELOPMENT AND INVESTMENT PLAN (SDIP)
RINTISAN SMA BI


Nama Sekolah : SMA N 1 MUARA BUNGO
Alamat Sekolah : Jl.DR. Sri Soedewi SH Muara Bungo
Kabupaten : Bungo
Propinsi : Jambi


VISI SEKOLAH


VISI SMA NEGERI 1 MUARA BUNGO

Terwujudnya sekolah yang unggul dan kompetitif, cerdas dan berbudaya, berdasarkan iman dan Taqwa.

Indikator Visi :

• Unggul dalam kompetensi akademik dan Non Akademik, unggul dalam peningkatan Mutu, unggul dalam kreatifitas, unggul dalam kegiatan ekstrakurikuler,unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,unggul dalam pembinaan seni budaya, unggul dalam disiplin, unggul dalam aktifitas keagamaan dan imtaq , unggul dalam kepedulian sosial ,dan unggul dalam pemeliharaan lingkungan sekolah dan wawasan wiyata mandala dalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan menuju RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).

a. Peningkatan keunggulan komparatif dan kompetitif di bidang akademik maupun non akademik.
b. Peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan ekstrakurikuler
c. Peningkatan kualitas dan kuantitas lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi.
d. Peningkatan partisipasi dan prestasi siswa dalam bidang keagamaan, seni budaya dan olah raga.
e. Terbentuknya kerja sama yang baik dan harmonis dengan masyarakat dalam pembinaan remaja untuk memperoleh ketrampilan kecakapan hidup.
f. Penerapan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga mutu dapat ditingkatkan secara optimal.
g. Peningkatan kedisiplinan dan kepedulian sosial siswa..
h. Peningkatan 7 K dalam lingkungan sekolah sehingga tercipta suasana belajar mengajar yang tenang, kondusif dan produktif.




MISI SEKOLAH


1. Meningkatkan kualitas pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga prestasi siswa dapat meningkat secara optimal.
2. Menumbuhkan sikap religius kepada seluruh warga Sekolah mulai dari pengelola Sekolah sampai pada seluruh siswa.
3. Membentuk karakter siswa yang mempunyai watak disiplin, sehingga siswa mempunyai budi pekerti yang luhur.
4. Menggerakan seluruh komponen Sekolah untuk berpartisipasi aktif memajukan prestasi Sekolah
5. Menghasilkan Lulusan yang mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif sehingga mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi yang berkualitas.
6. Membina kegiatan ekstra kurikuler sebagai wadah pengembangan kepribadian maupun pengembangan prestasi..
7. Mewujudkan sekolah mandiri yang berbasis IPTEK dan IMTAQ
8. Memberikan bekal ketrampilan kecakapan hidup pada seluruh siswa sehingga menjadi manusia berguna baik untuk pribadinya maupun untuk masyarakat.
9. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dan tenaga administrasi sehingga kualitas pembelajaran dan kualitas pelayanan menjadi lebih baik.
10. Mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
11. Mengoptimalkan pendayagunaan sarana pembelajaran.
12. Membina kegiatan penunjang akademik seperti Olimpiade (IMO, IBO, ICO, IPO, Komputer, Ekonomi, dan Astronomi).
13. Meningkatkan kesadaran seluruh warga sekolah untuk melaksanakan program 7K (Kebersihan,Ketertiban, Kerapian, Keindahan, Kenyamanan, Keamanan, dan Kekeluargaan) sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif dan produktif.
14 .Meningkatkan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan meliputi ; Standar
Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pembiayaan,
Standar Sarana Prasarana, Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga
Kependidikan, Standar Pengelolaan, Standar Penilaian Pendidikan.


TUJUAN UMUM SEKOLAH

1. Memotivasi sekolah untuk melakukan reformasi diri (Self Reform) sesuai dengan prinsip-prinsip MPMBS yaitu : Fokus pada mutu, pengelolaan secara jujur dan transparan, perencanaan dan pengambilan keputusan secara demokratis dengan melibatkan semua warga sekolah, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan mutu secara berkelanjutan (Sustainable improvement ).
2. Mendorong pihak sekolah untuk dapat melakukan pengelolaan sekolah secara mandiri (Self Management) berdasrakan prinsip-prinsip MPMBS.
3. Memberikan rangsangan pada masyarakat, pemerintah daerah, dan sekolah untuk meningkatkan peran serta masing-masing dalam penyelenggaraan pendidikan.
4. Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia.
5. Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama
6. Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolah.
7. Meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang akan dicapai.
8. Memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalismenya baik secara formal maupun informal.
9. Melakukan peningkatan kualitas pada aspek manajerial atau pengelolaan kegiatan Pendidikan supaya didapatkan keserasian langkah pada setiap pelaksanaan programnya.
10. Meningkatkan kualitas akademis melalui kegiatan Olimpiade
Mata Pelajaran IPhO,ICO,IBO, IMO, dll
11. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka peningkatan prestasi dan sekaligus wahana pembinaan siswa.
12. Mewujudkan lingkungan sekolah yang sejuk, asri dan nyaman sehingga menunjang proses pembelajaran dan membentuk suasana harmonis semua warga sekolah
13. Mewujudkan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan sebagai sekolah
RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).







\








TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 TAHUN



1. Sekolah mampu menghasilkan dokumen pengembangan standar kompetensi lulusan yang bertaraf internasional untuk kelas X, XI, XII semua mata pelajaran.
2. Sekolah mampu menghasilkan dokumen pengembangan kurikulum bertaraf internasional untuk kelas X, XI, dan XII semua mata pelajaran.
3. Sekolah mampu menghasilkan silabus dan RPP bertaraf internasional untuk kelas X,XI,XII untuk semua mata pelajaran.
4. Sekolah mampu memenuhi standar proses pembelajaran bertaraf internasional, melaksanakan pembelajaran dengan strategi/metode CTL, pendekatan belajar tuntas, pendekatan pembelajaran individual, dll secara lengkap termasuk pembelajaran di luar kelas/sekolah.
5. Sekolah mampu melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang bernuansa internasional antara lain: bidang olahraga, seni, KIR dan pramuka.
6. Sekolah mampu menyiapkan pendidik dan tenaga kependidikan bertaraf internasional meliputi: semua guru berkualifikasi minimal S1, telah mengikuti PTBK, semua mengajar sesuai bidangnya, mampu berbahasa inggris, mampu menggunakan perangkat TIK, dll.
7. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar sarpras/fasilitas sekolah bertaraf internasional meliputi: semua srapras, fasilitas, peralatan, dan perawatan bertaraf internasional.
8. Sekolah mampu untuk menjalin kerjasama dengan semua stakeholder khususnya komite sekolah, orangtua murid maupun pengusaha untuk memperoleh dukungan dana dan fasilitas sekolah.
9. Sekolah mampu menjalin kerjasama dengan sekolah unggulan luar negeri serta perguruan tinggi untuk memperkaya, memperdalam serta mempertajam wawasan keinternasionalan.
10. Sekolah mampu membuka unit usaha antara lain: kantin sekolah dan koperasi.
11. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar pengelolaan sekolah bertaraf internasional meliputi: pencapaian standar pengelolaan : pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, administrasi, dll secara lengkap, memenuhi standar ISO 9001, berbasis TIK, dan sebagainya.
12. Sekolah mampu memenuhi/menghasilkan standar penilaian pendidikan yang relevan dan bertaraf internasional.
13. Sekolah mampu memenuhi pengembangan budaya mutu sekolah yang memadai
14. Sekolah mampu mewujudkan lingkungan sekolah dengan menerapkan 6K secara lengkap




























A. IDENTITAS SEKOLAH

1. Nama Sekolah
Nama Sekolah : SMA N 1 Muara Bungo
NSS : 301100201001
NPSN : 10500779
Alamat : Jl.DR.Sri Soedewi, SH No.20 Muara Bungo
Kecamatan : Rimbo Tengah
Kabupaten : Bungo
Propinsi : Jambi
Website : www.sman1_bungo.com
E-mail : smansabungo@gmail.com
No.Telepon : 0747-21109
Akreditasi : A


2. Data Siswa

Diisi data siswa sebagai berikut:
a. Data jumlah siswa dan rombongan belajar.


Kelas Jumlah
Rombel Program Jumlah
Umum IPA IPS Bahasa
X ( I ) 6 231 - - - 231
XI ( II ) 8 - 169 136 28 333
XII ( III) 7 - 130 134 28 292
Jumlah 21 231 299 270 56 856


b. Data rata-rata nilai UN dan UAS tiga tahun terakhir.
















1). Nilai Rata-Rata Ujian Nasional
No. Mata Pelajaran Program Tahun Pelajaran Ket
2006-2007 2007-2008 2008-2009
1 Matematika IPA/IPS/BHS 8,75 7,60/7,52/7,48 6,42/8,97/8,60
2 Bhs. Indonesia IPA/IPS/BHS 7,50/6,94/5,79 7,79/7,32/5,94 4,87/7,05/6,61
3 Bhs.Inggris IPA/IPS/BHS 9,04/8,85/7,73 8,05/7,80/7,45 7,80/8,25/8,02
4 Ekonomi IPS 7,98 8,41 6,49
5 Bhs.Jerman Bahasa 6,00 6,26 6,13
6 Sastra Indonesia BHS - 6,41 6,44
7 Antropologi BHS - 7,94 4,86
8 Biologi IPA - 8,76 9,08
9 Fisika IPA - 7,16 8,64
10 Kimia IPA - 8,15 8,95
11 Geografi IPS - 8,13 6,84
12 Sosiologi IPS - 8,89 7,72



2). Nilai Rata-Rata Ujian Sekolah


No. Mata Pelajaran Program Tahun Pelajaran Ket
2006-2007 2007-2008 2008-2009
1 Pend.Agama IPA/IPS/Bahasa 7,34 7,42 8,27/7,72/7,55
2 PPKn IPA/IPS/Bahasa 7,01 7,13 8,77/7,36/9,07
3 Sejarah IPA/IPS/Bahasa 7,21 7,20 7,27/7,15/7,33
4 Biologi IPA 7,87 - -
5 Fisika IPA 7,63 - -
6 Kimia IPA 8,00 - -
7 Sosiologi IPS 7,35 - -
8 Antropologi IPS 7,07 - -
9 Tata Negara IPS 6,69 - -
10 Sastra Indonesia Bahasa 7,34 - -
11 Sejarah budaya Bahasa 6,96 -
12 TIK - 8,03 9,03/9,11/8,36



3).Prestasi Siswa dalam Lomba Akademik dan Non Akademik

No. Jenis Lomba Hasil Tingkat Tahun Ket
1. Olimpiade Fisika Juara I Prov 2004
2. Olimpiade Sains Juara Umum Kabupaten 2004
3. LCC Juara I Kabupaten 2004
4. LCC Juara III Propinsi 2004
5. Lomba Fiska (unand ) 20 besar Regional Sumatera 2004
6. Lomba Biologi( unand) 10 besar Regional Sumatera 2004
7. Olimpiade sains Juara Umum Kabupaten 2005
8. Olimpiade sains Juara II Propinsi 2005
9. LCC Juara I Kabupaten 2005
10. LCC Finalis Propinsi 2005
11. Lomba BiologiUnand) 10 besar Regional Sumatera 2005
12. Olimpiade sains Juara Umum(9 Medali) Kabupaten 2006
13. Karya tulis FIF Bungo Terbaik I Kabupaten 2006
14. Lomba MIPA ( unja) Finalis Propinsi 2006
15. Lomba Menggambar Tingkat SLTA Juara III Kabupaten Bungo 2007
16. Lomba Baca Puisi Tingkat SLTA Juara II Kabupaten Bungo 2007
17 Komite Putra (Karate) POP SMA Juara I Provinsi Jambi 2007
18 Komite Putri (Karate ) Pekan Olahraga Pelajar Sekolah menengah Atas
Juara III Provinsi Jambi 2007
19. Lomba Atletik (Lari 200 M ) POP SMA Juara I Kabupaten Bungo 2007
20 Karate Komite Putri POP SMA Juara I Kabupaten Bungo 2007
21 Karate Komite Putra POP SMA Juara I Kabupaten Bungo 2007
22. Festival Band Bagi Siswa Bakat Istimewa SMA Juara I Kabupaten Bungo 2007
23. Festival Band Bagi Siswa Bakat Istimewa SMA Juara II Provinsi Jambi 2007
24. Modeling Putri Bagi Siswa Bakat Istimewa SMA Juara I Kabupaten Bungo 2007
25 Modeling Putri Bagi Siswa Bakat Istimewa SMA Harapan I Provinsi Jambi 2007
26. Pidato dan Debat Bahasa Inggris Bagi Siswa Bakat Istimewa SMA Juara I Kabupaten Bungo 2007
27. Lomba Prestasi dan Kreativitas Juara III Provinsi Jambi 2007
28. LKBB Tingkat Penegak (Pramuka) Juara II Kec. Rimbo Tengah 2007
29. Karya Inovatif dan Produtif Juara I Kec. Rimbo Tengah 2007
30. Tari Daerah Tingkat Penegak Juara II Kec. Rimbo Tengah 2007
31 LCT Komputer Antar Pelajar SMA Juara II Cleo Fatra Computer 2007
32 Olympiade Sains Nasional Matematika Juara III Kabupaten Bungo 2007
33 Olympiade Sains Nasional Fisika Juara I Kabupaten Bungo 2007
34 Olympiade Sains Nasional Kimia Juara II Kabupaten Bungo 2007
35 Olympiade Sains Nasional Biologi Juara II dan Juara III Kabupaten Bungo 2007
36 Olympiade Sains Nasional Komputer Juara II Kabupaten Bungo 2007
37 Olympiade Sains Nasional Astronomi Juara I dan Juara II Kabupaten Bungo 2007
38 Olympiade Sains Nasional Ekonomi Juara I, Juara II dan Juara III Kabupaten Bungo 2007
39. Festival Band Antar SMA Juara Favorit I Se Prov. Jambi Wil. Barat 2007
40 Paskibraka
17 siswa Kab. Dan Provinsi Jambi 2007
41. Pertandingan Bola Basket Ulang Tahun SMA Titian Teras Juara Harapan I Provinsi Jambi 2007
42. Lomba Fisika Se Sumatera (UNP Padang) Peringkat 165 Se-Sumatera 2007
43. Mempergelarkan Tarian Dan Nyanyian Daerah Dalam Rangka Pesta Air Nasional Eksebisi Institut Seni Malaysia Malaka
( ISMMA ) 2007
44. Pekan Pesona Budaya Bungo 2007 Juara I Kabupaten Bungo 2007
45. Lomba Nyanyi Daerah Tingkat SMA Juara II dan Juara III Kabupaten Bungo 2007
46. Lomba Bujang Gadis 2007 Juara I dan Juara II Kabupaten Bungo 2007
47. Lomba Bujang Gadis 2007

Juara II / Pendamping I
Juara Harapan II
Juara Berbakat
Juara Favorit Provinsi Jambi 2007
48. Lomba Karaoke Juara I
Juara II
Juara Harapan I Kabupaten Bungo 2008
49 - Olympiade Sains
Nasional Tingkat
Kab. Bungo
- Matematika
- Kimia
- Biologi
- Ekonomi
- Geo Sains / Kebumian Juara Umum


Juara I, II dan III
Juara II dan III
Juara I, II dan III
Juara I, II dan III
Juara I, dan III Kabupaten Bungo 2008
50 Lomba Pidato Juara I Provinsi Jambi 2008
51 Pertukaran pelajar ke Jepang 1 siswa Nasional 2008
52 Olympiade Sains UNJA Finalis UNJA Jambi 2008
53 Paskibraka
27 siswa Kab. Dan Provinsi Jambi 2008
54 Lomba Cerdas Cermat Juara I Kabupaten 2008 Restu dkk
55 Pidato bhs Inggris Juara I Kabupaten 2009 David
56 Pidato Bhs Indonesia Juara I Kabupaten 2009
57 Lomba Cerdas Cermat Amandemen UUD 1945 Juara II Propinsi Jambi 2009 Ari dkk
58 Festival band Antar SMA Juara Umum Prov. Jambi 2009 Nanda dkk
59 Tari Daerah Kreasi Juara I kabupaten 2009
60 Musikalisasi Puisi Juara II Kabupaten 2009
61 Basket Antar pelajar SMA Putri Juara I Kabupaten 2009 Davi dkk
62 Basket Antar pelajar SMA Putra Juara II Kabupaten 2009 Dian dkk
63 Olimpiade Sains/ MIPA Juara Umum
8 siswa dari 11 orang Utusan Ke Provinsi Kabupaten 2009
64 Perlombaan Penyuluh PRS Tingkat Wira JUMBARA II PMI Juara 2 Kabupaten 2009
65 Perlombaan Drama 7 prinsip Tingkat Wira JUMBARA II PMI Juara 3 Kabupaten 2009
66 Badminton Sabang Raya Open Juara II Tunggal Putra Kabupaten 2009
67 Badminton Sabang Raya Open Juara II Tunggal Putri Kabupaten 2009
68 Badminton Sabang Raya Open Juara II Ganda Putri Kabupaten 2009
69 Badminton Sabang Raya Open Juara II Ganda Putra Kabupaten 2009
70 Lomba lagu perjuangan Juara I Kabupaten (Kesbanglinmas) 2009 Wijaya N dkk
72 Festival Band antar SMA Juara II Provinsi 2009
73 Lomba Kebersihan Sklh 10 Besar Kabupaten 2009
74 Paskibraka 14 kab dan 2 prov Kab dan Prov 2009 Gamal dkk
75 Lomba Pidato Bhs. Inggris Putra Juara I Kabupaten (Disbudparpora) 2009 David S
76 Lomba pidato Bhs Inggris putri Juara II Kabupaten (Disbudparpora) 2009 Yenny
77 Lomba Penulisan Artikel Pariwisata Juara III Kabupaten 2009
78 Bujang Bungo (PPBB) Juara I kabupaten 2009 Gamal
79 Gadis Bungo (PPBB) Juara II Kabupaten 2009 Amelia
80 Lomba Tari Kreasi (PPBB) Juara I Kabupaten 2009 Fio dkk
81 Lomba Parade Band Juara II Kabupaten 2009 Algit dkk
82 Lomba Nyanyi lagu daerah Juara III Kabupaten 2009
83 Lomba Cerdas Cermat Juara II Propinsi Jambi 2009 Ari dkk
84 Lomba Futsal Juara III Kabupaten 2009
85 Lomba Fashion Show Busana Muslim Juara I Kabupaten 2010 Amelia & Gamal
86 Lomba Nasyid Juara I Kabupaten 2010
87 Lomba Cipta Puisi Juara II Kabupaten 2010
88 Bola Volley Juara I Kabupaten 2010


3. Data SDM
Data SDM sekolah secara lengkap terdiri dari:
a. Identitas Kepala Sekolah
Nama : Hamim Asrori, S.Pd.M.Si
NIP : 196802041995121001
Pangkat/Golongan : Pembina / IV-a
Pendidikan /Prodi : S1-AIV / Pend. Biologi,S2 Sains Manajemen
SK.Peng.Ka.Sekolah : 821.2/176/BKD,tanggal 20 Juli 2006
Tempat Tanggal Lahir : Winong, Kab. Pati, 4 Pebruari 1968










b. Jumlah guru per Mata Pelajaran dan guru BK

No. Mata Pelajaran JmhGuru Keterangan
PNS/GT GTT/Honor
1 Pend. Agama 2 -
2 PPKn 2 -
3 Bhs.Indonesia 6 1 org titipan
4 Bhs.Inggris 4 -
5 Sejarah 1 1
6 Geografi 1 -
7 Pend.Seni 1 1
8 Penjasorkes 2 -
9 Matematika 6 -
10 Biologi*) 4 - * Termasuk Kasek.
11 Fisika 3 -
12 Kimia 3 -
13 Ekonomi 3 -
14 Sosiologi 1 -
15 Bahasa Arab 1 -
16 Bhs.Jerman 1 -
17 BP / BK 2 2
16 Teknologi Inf/Kom 1 3

Jumlah 43 6











c. Jumlah guru yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

No.
Nama Guru Mata Pelajaran yang diajarkan Keterangan

1 Hamim Asrori, S.Pd,M.Si Biologi Aktif
2 Sri Surya Warni, S.Pd Bhs.Inggris Aktif
3 Roselina Tambunan, S.Pd Bhs.Inggris Aktif
4 Surmiati, S.Pd Bhs.Inggris Aktif
5 Verawati, S.Pd Bhs.Inggris Aktif
6 Dra. Stiti Hidayah Sosiologi Aktif
7 Yuli Rahmawati, S.Pd Ekonomi Aktif
8 Musiana , S.Pd Ekonomi Pasif
9 Drs. Harnion Ekonomi Pasif
10 Amir Husin, S.Pd Matematika Pasif
11 Bustimar, S.Pd Matematika Aktif
12 Luhut Silaban, S.Pd Matematika Aktif
13 M. Januar, S.Pd Matematika Aktif
14 Fatmawati, S.Pd Matematika Pasif
15 Remufli Indra, S.Pd Matematika Pasif
16. Efisnawati, S.Pd Fisika Aktif
17 Erivariadi ,S.Pd Fisika Pasif
18 Nisfar Yonetti, S.Pd Fisika Pasif
19 Wiji, S.Pd Kimia Aktif
20 Dahlia Dahar, S.Pd Kimia Aktif
21 Sriyanti Gustamar, S.Pd Kimia Aktif
22. Drs.Wisdar, M.Pd Biologi Pasif
23. Sugi Hartini, S.Pd Biologi Aktif
24. Yuliasni, S.Pd Biologi Pasif
25. Elva Yunelti, S.Pd Bhs.Indonesia Pasif
26. Tuti Handayani, S.Pd Bhs.Indonesia Pasif
27. Erinawati, S.Pd Bhs.Indonesia Aktif
28. Masdewani, S.Pd Bhs.Indonesia Pasif
29. Nurjanah, S.Pd Bhs.Indonesia Aktif
30. Dewi Herlina, S.Pd Bhs.Indonesia Aktif
31. Edison Manurung, S.Pd PPKn Pasif
32. Riri Safitri, S.Pd PPKn Pasif
33. Pantun Naibaho Bhs.Jerman Aktif
34. Indra Nasution, S.Pd Penjaskes Pasif
35. Safrial.B, S.Pd Penjaskes Aktif
36. Rita Heliwati, S.Pd Geografi Aktif
37. Hidayati, M, S.Pd Kesenian Pasif
38. Selly Monaliza, S.Pd Kesenian Aktif
39. Herlina Sejarah Pasif
40. Ira Fitriani, S.Pd Sejarah – Sosiologi Aktif
41. Harir, S.Ag Agama Aktif
42. Hasan Basri, BA Agama Pasif
43. Dra. Yurnis Agama Pasif
44. Hidayati, S.Kom TIK – Mulok Aktif
45. Ade Parta, S.Kom TIK Aktif
46. Indriya Yekti, S.Pd TIK Aktif
47. Indah Permata Sari Mulok Aktif
48. Dra. Elismar Rahman BP/BK Pasif
49. Usmayadi, S.Pd BP/BK Pasif
50. Depi Eriyani, SH BP/BK – PPKn Aktif
51. Samsidar. SE Antropologi – PPKn Aktif
52. Sari Kurnia Harisandi, SS Bhs. Arab Aktif

c. Jumlah guru yang mampu menggunakan ICT dalam pembelajaran

No. Nama Guru Mata Pelajaran yang diajarkan Keterangan

1 Hamim Asrori, S.Pd,M.Si Biologi Aktif
2 Sri Surya Warni, S.Pd Bhs.Inggris Aktif
3 Roselina Tambunan, S.Pd Bhs.Inggris Aktif
4 Surmiati, S.Pd Bhs.Inggris Aktif
5 Verawati, S.Pd Bhs.Inggris Aktif
6 Dra. Stiti Hidayah Sosiologi Aktif
7 Yuli Rahmawati, S.Pd Ekonomi Aktif
8 Musiana , S.Pd Ekonomi Pasif
9 Drs. Harnion Ekonomi Pasif
10 Amir Husin, S.Pd Matematika Pasif
11 Bustimar, S.Pd Matematika Aktif
12 Luhut Silaban, S.Pd Matematika Aktif
13 M. Januar, S.Pd Matematika Aktif
14 Fatmawati, S.Pd Matematika Pasif
15 Remufli Indra, S.Pd Matematika Pasif
16. Efisnawati, S.Pd Fisika Aktif
17 Erivariadi ,S.Pd Fisika Aktif
18 Nisfar Yonetti, S.Pd Fisika Pasif
19 Wiji, S.Pd Kimia Aktif
20 Dahlia Dahar, S.Pd Kimia Aktif
21 Sriyanti Gustamar, S.Pd Kimia Aktif
22. Drs.Wisdar, M.Pd Biologi Pasif
23. Sugi Hartini, S.Pd Biologi Aktif
24. Yuliasni, S.Pd Biologi Pasif
25. Elva Yunelti, S.Pd Bhs.Indonesia Aktif
26. Tuti Handayani, S.Pd Bhs.Indonesia Pasif
27. Erinawati, S.Pd Bhs.Indonesia Aktif
28. Masdewani, S.Pd Bhs.Indonesia Pasif
29. Nurjanah, S.Pd Bhs.Indonesia Aktif
30. Dewi Herlina, S.Pd Bhs.Indonesia Aktif
31. Edison Manurung, S.Pd PPKn Pasif
32. Riri Safitri, S.Pd PPKn Pasif
33. Pantun Naibaho Bhs.Jerman Aktif
34. Indra Nasution, S.Pd Penjaskes Pasif
35. Safrial.B, S.Pd Penjaskes Aktif
36. Rita Heliwati, S.Pd Geografi Aktif
37. Hidayati, M, S.Pd Kesenian Pasif
38. Selly Monaliza, S.Pd Kesenian Aktif
39. Herlina Sejarah Pasif
40, Ira Fitriani, S.Pd Sejarah – Sosiologi Aktif
41. Harir, S.Ag Agama Aktif
42. Hasan Basri, BA Agama Pasif
43. Dra. Yurnis Agama Pasif
44. Hidayati, S.Kom TIK – Mulok Aktif
45. Ade Patra, S.T TIK Aktif
46. Indriya Yekti, S.Pd TIK Aktif
47. Indah Permata Sari,S.Pd Mulok Aktif
48. Dra. Elismar Rahman BP/BK Pasif
49. Usmayadi, S.Pd BP/BK Pasif
50. Depi Eriyani, SH BP/BK – PPKn Aktif
51. Samsidar. SE Antropologi – PPKn Aktif
52. Sari Kurnia Harisandi, SS.M.PdI Bhs. Arab Aktif
d. Jumlah tenaga pendukung meliputi: staf TU (tenaga keuangan, administrasi, satpam, pesuruh, dll.), laboran, pustakawan, teknisi (komputer, bahasa, multimedia).

No. Fungsi / Tugas
Jumlah Keterangan
PNS/PT PTT/Honor
1 Ka.Tata Usaha - -
2 Ptgs.Bag.Keuangan 1 -
3 Ptgs.Komputer/Pendataan - 2
4 Ptgs.Kesiswaaan 1 1
5 Petugas Inventaris 1 -
6. Ptgs. Kepegawaian 1 1
7. Perpustakaan - 1
8. Pesuruh / Pembantu - 1
9. Satpam - 1
10. Penjaga Sekolah - 2

Jumlah 5 9


4. Data Sarana Prasarana
a. Lahan .
1). Luas total = 9980 m2
2). Keliling = 390 m ( dipagar dengan baik )
3). Status = Milik dengan sertifikat






b. Ruang

No. Jenis Ruang Jmh Luas Keadaan
1. Ruang Teori 20 1.120 .m2 Baik
2. Ruang Ka.Sekolah 1 16 m 2 Baik
3. Ruang Tata Usaha 1 48 m2 Baik
4. Ruang Majelis Guru 1 150 m2 Baik
5. Ruang BP/BK 1 20 m2 Baik
6. Ruang Lab IPA 2 150 m2 Baik
7. Ruang Lab. Bahasa 1 150 m2 Bak
8. Ruang Lab.Komputer 1 56 m2 Baik
9. Ruang Perpustakaan 1 150 m2 Baik
10. Ruang Pertemuan 1 300 m2 Baik
11. Osis 1 20 m2 Baik
12. Koperasi Siswa 1 15 m2 Baik
13. Pramuka 1 15 m2 Bak
14. UKS 1 12 m2 Baik
15. Ibadah ( Musholla) 1 120 m2 Baik
16. Gardu Satpam 1 4 m2 Baik
17. Gudang 1 60 m2 Baik
18. Kantin 2 40 m2 Baik
19. WC siwa 12 36 m2 Bak
20. Wc. Guru / Pegawai 3 9 m2 Baik


c. Lapangan Olah Raga/ Taman

No. Jenis lapangan Jmh Luas Keadaan
1. Basket 1 120 m2 Baik
2. Volli 2 60 m2 Baik
3. Takraw 1 60 m2 Baik
4. Lompat Jauh 1 20 m2 Baik
5. Bermain 1 200 m2 Baik
6. Taman 1 300 m2 Baik

d. Peralatan.
No. Jenis Sarana Jumlah / Unit Keadaan Keterangan
1 Alat Praktikum Biologi Tdk.Cukup Rusak
2 Alat Pratikum Biologi Tdk.cukup Rusak
3 Alat Pratikum Fisika Tdk.cukup Rusak
4 Alat Praktek Lab. Bahasa Tdk.cukup Baik
5 Alat Peraga IPS 15 Baik
6 Alat Peraga Matematika 10 Baik
7 Alat Peraga Pend.Agama 5 Baik
8 Alat Pemb. Kesenian 10 Baik
9 Alat Pembelajaran Penjaskes 20 Baik
10 Komputer Pembelajaran TIK 20 Baik
11 Alat Pembelajaran Audio 2 Baik
12 Alat Pembelajaran Vidio 4 Baik
13 Buku-Buku Perpustakaan 10.000 Baik
14. Laptop Pembelajaran 2 Baik
15. LCD 5 Baik
16. Alat ICT TU/ Guru .
a. PC Pentium 4 10 Baik
b. Server intranet 1 Baik
c. Pinter 5 Baik



























B. TANTANGAN NYATA SEKOLAH
Diisi tantangan nyata sekolah berdasar hasil evaluasi diri masing-masing sekolah dengan cara membandingkan kondisi ideal SBI dengan kondisi nyata sekolah.
Format evaluasi diri seperti pada lampiran 1.

C. SASARAN/TUJUAN
Diisi sasaran yang ingin dicapai program rintisan SMA BI oleh sekolah




D. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI PENDIDIKAN
Sekolah melakukan identifikasi fungsi-fungsi pendidikan dalam program rintisan SMA BI. Fungsi-fungsi tersebut meliputi sebagai berikut:
1. Pengembangan Kurikulum
2. Proses Pembelajaran
3. Penilaian
4. Pengembangan SDM
5. Sarana prasarana
6. Pembiayaan
7. Manajemen sekolah
8. Pembinaan Kesiswaan
9. Pengembangan Kultur Sekolah
10. Sosialisasi Program Rintisan SMA BI

E. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI PENDIDIKAN

11. Pengembangan Kurikulum
Menyusun Program Kegiatan yang terprogram dan terjadwal tentang :
a. Pengembangan /Penyusunan silabus mata pelajaran yang berbahasa Inggris –Indonesia melalaui Pelatihan Guru baik melalui TOT dan IHT dan penugasan guru untuk mata pelajaran ( Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bhs.Inggris ) untuk kelas X.
b. Pengembangan / Penyusunan Bahan Ajar ( Buku siswa, Buku Guru, Modul, LKS, dll ) yang berbahasa Inggris –Indonesia melalui pelatihan guru baik melalui TOT dan IHT dan penugasan guru untuk mata pelajaran ( Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bhs.Inggris ) untuk kelas X.
c. Pengembangan / disain software pembelajaran dalam bahasa Inggris-Indonesia melalui Pelaytihan Guru baik memlaui TOT dan IHT dan penugasan guru untuk mata pelajaran ( Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bhs. Inggris ) untuk kelas X.
d. Menyiapkan Fasilitator yang mampu berkomunikasi Bhs.Inggris dan menguasai pembelajaran yang diampunya untuk melatih pengembangan profesi guru dalam pemebelajaran yang berbahasa Inggris.

12. Proses Pembelajaran
Menyusun Program kegiatan dan pelaksanaan :
i. Pengembangan / Penyusunan RPP dalam bahasa Inggris melelui pelatihan baik melalui TOT dsan IHT dan penugasan guru untuk mata pelajaran ( Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bhs,Inggris ) untuk kelas X.
ii. Pelaksanaan Pembelajaran di kelas X mata pelajaran ( Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bhs,Inggris ) dalam bahasa Inggris dengan berbagai metode.

13. Penilaian
Menyusun Program kegiatan yang terjadwal dalam :
i. Pengembangan / Penyusunan Instrumen Penilaian ( UAS-UN-Ulangan harian ) melalui pelatihan Guru baik melalui TOT maupun IHT dan penugasan guru untuk mata pelajaran ( Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bhs.Inggris ) dalam bahasa Inggris untuk kelas X.
ii. Pengembangan /Penyusunan Program Remedial dan Pengayaan yang berbahasa Inggis untuk Mata Pelajaran ( Matematika, Fisika,Kimia, dan Bahasa Inggris ) Kelas X.

14. Pengembangan SDM
Menyusun program kegiatan dalam proses pengembangan sumber daya manusia baik pendidik maupun tenaga kependidikan seperti :
i. Pengembangan profesi pendidik ( guru ) supaya mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dan mampu menggunakan ICT melalui :
1. TOT dan IHT
2. Forum MGMP
ii. Pengembangan Profesi Kepala Sekolah melelui TOT supaya mampu berkomunikasi Bhs.Inggris dan mampu menggunakan ICT serta mengusai MBS.
iii. Pengembangan profesi tenaga kependidikan ( Laboran, Teknisi, Pustakawan dan Staf Tata usaha ) supaya mampu berkomunikasi Bhs..Inggris dan mampu menggunkan ICT melalui TOT dan IHT.

15. Sarana prasarana
Menyusun program kegiatan dalam memenuhi sarana prasarana / perlalatan yang lengkap/ cukup sesuai kondisi ideal SBI seperti :
i. Media Pembelajaran
ii. Peralatan ruang Kelas
iii. Peralatan Ruang Laboratorium
iv. Peralatan Ruang Perpustakaan
v. Peralatan Ruang Guru, TU, Ka.Sekolah
vi. Peralatan ruang BP/BK
vii. Peralatan ruang UKS/Pramuka/Osis/Koperasi.
viii. Alat Pelajaran

16. Pembiayaan
Menyusun Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah sesuai Kondisi Ideal SBI yang terbuka dan akuntabel lengkap dengan :
i. RAPBS yang disahkan oleh Kepala Sekolah dan Komite Sekolah
ii. Sumber dana

17. Manajemen sekolah
Menyusun program kegiatan pengelolaan sekolah yang ideal SBI seperti:
i. Program kegiatan berkelanjutan yang membuat semua gedung, ruang,dan lingkungan sekolah menjadi ; bersih rapi, indah, rindang dan aman.
ii. Program kegiatan berkelanjutan yang membuat lingkungan sekolah bebas rokok dan narkoba
iii. Program kegiatan berkelanjutan dalam pengendalian disiplin warga sekolah
iv. Program kegiatan dokumentasi data yang mudah diakses tentang :
1. data akademik
2. data siswa
3. data personalia
4. data sarana prasarana
5. data keuangan
6. data alumni
7. data Prestasi sekolah
v. Program kegiatan strukturisasi Personalia dan Uraian Jabatan serta tugas yang jelas
vi. Program penggunaan ICT dalam Pembelajaran dan Sistem Manajemen sekolah ( SIM ) yang LAN .
vii. Program kegiatan seleksi calon siswa yang :
1. Jelas Kriterianya
2. Terbuka
viii. Program Pengelolaan Pembinaan Intrakurikuler yang jelas dalam upaya siswa mencapai :
1. SKL
2. Mampu berkomunikasi Bhs.Inggris
3. Menggunakan ICT
ix. Program pembinaan kegiatan Kokurikuler melalui English Day bagi warga sekolah.
x. Program Pembinaan kegiatan Ekstrakurikuler dalam upaya pengembangan diri siswa seperi kegiatan :
1. KIR
2. Komputer
3. Olahraga
4. Pramuka
5. PMR
6. Seni

18. Pembinaan Kesiswaan
Program Kegiatan Pembinaan Kesiswaan melalui :
i. Pengembangan diri melalui BP/BK
ii. Kepemimpinan melalui Osis
iii. Wira usaha melalui Koperasi siswa
iv. Lomba-Lomba ( Akademik- non Akademik )
v. Membentuk wadah /Kelompok ( Belajar, Sanggar,dll )
19. Pengembangan Kultur Sekolah
Menyusun Program kegiatan kultur sekolah yang bernuansa :
i. Islam (Imtaq)
ii. Kedaerahan ( Budaya daerah )
iii. Hidup sehat
iv. Internasional
v. Disiplin
20. Sosialisasi Program Rintisan SMA BI
Menyusun Program kegiatan dan Pelaksanaan Sosialisasi RSBI antara lain :
i. Sosialisasi pada satuan pendidikan SMP, MTs
ii. Sosialisasi terhadap warga sekolah
iii. Sosialisasi terhadap Komite sekolah dan Orang tua siswa
iv. Koordinasi pada Instansi vertikal dan terkait.

F. SUMBER DANA
Sumber dana yang diperlukan untuk pelaksanaan program Rintisan SMA BI berasal dari:
a. Rutin
b. Komite Sekolah
c. APBD Kabupaten/Kota
d. APBD Propinsi
e. APBN
G. RENCANA DAN PROGRAM PENGEMBANGAN RINTISAN SMA BI
Diisi sasaran dan program yang meliputi sepuluh komponen pendidikan seperti tersebut pada butir D.


PROGRAM STRATEGIS

A. Sosialisasi RSBI.
a. Sosialisasi internal kepada semua stakeholder
b. Sosialisasi Eksternal kepada dinas/instansi, DPRD dan masyarakat
B. Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru.
1. Mengadakan sosialisasi internal kepada seluruh stakeholder
2. Mengadakan sosialisasi eksternal kepada Kepala SMP orangtua murid SMP kelas IX, Membuat brosur
3. Melaksanakan seleksi penerimaan siswa baru kelas internasional
C. Pemersiapan Sumber Daya Sekolah.
1. Pemenuhan SKL SMA yang bertaraf internasional:
a. Peningkatan prestasi bidang akademik bertaraf internasional
b. Peningkatan prestasi bidang non akademik bertaraf internasional
c. Peningkatan jumlah kelulusan
d. Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi ke sekolah yang lebih tinggi dan bertaraf internasional

2. Pemenuhan Standar Isi bertaraf internasional:
a. Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP) bertaraf internasional
b. Pengembangan silabus bertaraf internasional
c. Pengembangan RPP bertaraf internasional
d. Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan sebagainya bertaraf internasional
e. Pengembangan Panduan Pembelajaran bertaraf internasional
f. Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar bertaraf internasional

3. Pemenuhan Standar Proses bertaraf internasional:
a. Pemenuhan persiapan pembelajaran bertaraf internasional
b. Pemenuhan persyaratan pembelajaran bertaraf internasional
c. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran bertaraf internasional
d. Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran bertaraf internasional
e. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran bertaraf internasional

4. Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan bertaraf internasional:
a. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah) bertaraf internasional
b. Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru) bertaraf internasional
c. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya yang bertaraf internasional

5. menuhan Standar Sarana dan Prasarana bertaraf internasional:
a. PePemenuhan sarana dan prasarana bertaraf internasional
b. Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya bertaraf internasional
c. Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian bertaraf internasional
6. Pemenuhan Standar Pengelolaan bertaraf internasional:
a. Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
b. Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah
c. Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
d. Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan
e. Pemenuhan pengelolaan sekolah berbasis TIK, e-learning, e-school, dll
f. Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
g. Pengembangan SIM sekolah
h. Pengembangan standar ISO: 9001 tahun 2000 dan seterusnya
i. Pengimplementasian TQS (Total Quality Service)
j. Pengimplementasian TQM (Total Quality Manajemen)
k. Pemenuhan kerjasama dengan sekolah bertaraf internasional dalam negeri
l. Pemenuhan kerjasama dengan sekolah bertaraf internasional luar negeri
m. Pemenuhan kerjasama dengan dunia usaha
n. Pemenuhan kerjasama dengan lembaga lain yang relevan dalam negeri
o. Pemenuhan kerjasama dengan lembaga lain yang relevan luar negeri
p. Pencapaian/pemenuhan akreditasi sekolah


7. Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan:
a. Peningkatan sumber dana pendidikan dari pemerintah daerah
b. Peningkatan sumber dana pendidikan dari masyarakat/orang tua siswa/komite sekolah
c. Pemenuhan pengalokasian dana sesuai kebutuhan
d. Pemenuhan penggunaan dana yang transparan dan akuntabel
e. Pemenuhan pelaporan penggunaan dana yang akuntabel
f. Pemenuhan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
g. Pengembangan income generating unit/unit produksi/unit usaha sekolah
h. Pemenuhan penggalian dana dengan dunia usaha/industri

8. Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan bertaraf internasional:
a. Peningkatan frekuensi ulangan harian
b. Peningkatan pelaksanaan UTS
c. Pengembangan materi UAS bertaraf internasional
d. Pengembangan materi bertaraf internasional untuk ulangan kenaikan kelas
e. Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
f. Pengembangan instruman ulangan harian bertaraf internasional
g. Pengembangan instrumen ulangan kenaikan kelas bertaraf internasional
h. Pengembangan instrumen UTS bertaraf internasional
i. Pengembangan instrumen UAS bertaraf internasional
j. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru
k. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
l. Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian

9. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
a. Pengembangan budaya bersih
b. Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk, dll (tamanisasi)
c. Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi
d. Penciptaan budaya tata krama “in action”
e. Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain relevan bidang 6K
f. Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll


STRATEGI PELAKSANAAN/PENCAPAIAN


A. Sosialisasi RSBI dengan cara Mengundang atau mendatangi sasaran mengadakan pertemuan, membuat brosur, menyampaikan informasi melalui media cetak maupun elektronik.
B. Penerimaan siswa baru dengan prosedur, mengadakan sosialisasi secara internal dan eksternal, menerima pendaftaran, mengadakan seleksi, menetapkan penerimaan dan memberikan matrikulasi.
C. Pemersiapan sumber daya antara lain:
1. Pemenuhan SKL SMA yang bertaraf internasional dilakukan dengan cara meningkatkan mutu pembelajaran baik kuantitas (tambahan jam belajar sore) maupun kualitas (kelengkapan sarpras, media, bahan ajar, kompetensi guru) serta meningkatkan bimbingan dan kegiatan ekstra kurikuler.

2. Pemenuhan Standar Isi bertaraf internasional: dilakukan dengan
a) mengadakan workshop guru matapelajaran,
b) mengirim guru untuk mengikuti pelatihan atau
c) mengadakan studi banding ke sekolah lain.

3. Pemenuhan Standar Proses bertaraf internasional dengan cara
a) melengkapi sarpras, fasilitas penunjang pembelajaran,
b) peningkatan kompetensi guru melalui pendidikan dan pelatihan,
c) melaksanakan MGMP secara terjadwal dan berkala.
4. Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan bertaraf internasional:
a) menjalin kerjasama dengan LPMP, perguruan tinggi dalam hal program untuk meningkatkan kualifikasi dan profesionalitas guru.
b) Meningkatkan komunikasi, koordinasi serta lobi dalam jajaran dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten untuk mencukupi jumlah guru mata pelajaran.



5. Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana bertaraf internasional: meningkatkan kerjasama, komunikasi, koordinasi serta lobi terhadap pihak yang berkompeten di jajaran Departemen Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/kota maupun dunia usaha untuk mendapatkan sarpras, fasilitas dan bahan yang dibutuhkan.

6. Pemenuhan Standar Pengelolaan bertaraf internasional;
a) mengadakan rapat dewan guru dan karyawan untuk menetapkan struktur sekolah, tupoksinya, pembentukan tim teknik Penanggungjawb RSBI,
b) mengadakan rapat dengan komite sekolah, tim penyusun RPS untuk menyatukan persepsi pandangan tentang program sekolah.
c) Mengkoordinasikan tupoksi tugas guru dengan tugas Tata usaha dan implementasinya terhadap pengembangan SIM sekolah
d) Menjalin kerjasama dengan RSBI lain untuk saling tukar pilih informasi untuk kemajuan sekolah
e) Menjalin kerjasama dengan sekolah unggulan di luar negeri untuk memperkaya, mempertajam, memperdalam khasanah wawasan peningkatan mutu sekolah dan lulusannya..
7. Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan,
a) menjalin kerjasama, koordinasi dan lobi kepada orangtua murid, komite sekolah, dunia usaha
b) mengajukan proposal ke pihak yang berkompeten
c) mengkoordinasikan antara tim teknis dengan tim keuangan dalam suatu pertemuan secara berkala.
8. Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan bertaraf internasional;
a) Membentuk tim penyusun instrumen penilaian.
b) Mengadakan pelatihan guru tentang pengembangan penilaian pendidikan
c) Penyiapan perangkat lunak dan perangkat keras penggunaan, manfaatan teknologi komputer untuk kepentingan penilaian pendidikan
d) Pemantapan jadual pelaksanaan evaluasi.


9. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah
a) Menjalin kerjasama dengan Puskesmas, dinas kebersihan kota dan masyarakat sekitar dan hal penanggulangan kebersihan dan kesehatan keindahan
b) Sosialisasi secara kontinyu dengan warga sekolah tentang kesehatan, kebersihan lingkungan.
c) Membentuk tim penanganan budaya dan lingkungan


HASIL YANG DIHARAPKAN



1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengembangan SKL ini adalah:
a. Tersusunnya program-program yang dalam upaya pengembangan SKL internasional:
b. Tersusunnya SKL yang berstandar internasional dan berlaku di sekolah;
c. Atau dapat dihasilkan perluasan dan pendalaman cakupan SKL nasional menjadi SKL internasional;
d. Terdapat dokumen SKL internasional di sekolah.
2. Kurikulum
Hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengembangan kurikulum ini adalah:
a. Tersusunnya program-program yang dalam upaya pengembangan kurikulum internasional;
b. Tersusunnya kurikulum yang berstandar internasional dan berlaku di sekolah;
c. Tersusunnya SK-SK internasional yang merupakan penjabaran dari SKL internasional;
d. Tersusunnya KD-KD dan indikator-indikator kompetensi internasional sebagai penjabaran lebih rinci dari SK internasional;
e. Tersusunnya RPP yang akan dipergunakan untuk proses pembelajaran;
f. Ditetapkannya mata pelajaran-mata pelajaran tertentu sebagai wujud dari pengembangan kurikulum internasional;
g. Terdapat dokumen seperangkat kurikulum internasional di sekolah.

3. Proses Belajar Mengajar (PBM)
Hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengembangan PBM ini adalah:
a. Tersusunnya program-program yang dalam upaya pengembangan PBM internasional;
b. Ditetapkannya berbagai model atau metode pembelajaran berstandar internasional sesuai tuntutan kurikulum internasional;
c. Ditetapkannya berbagai strategi pembelajaran berstandar internasional berbasis ICT;
d. Tersusunnya berbagai program untuk mendukung keterlaksanaan PBM berstandar internasional;
e. Terlaksananya PBM dengan pengantar bahasa Inggris (internasional).

4. Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan ini adalah:
a. Tersusunnya program-program sekolah untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi SDM sekolah bertaraf internasional;
b. Tersusunnya program sekolah untuk memenuhi jumlah tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan tuntutan pembelajaran berstandar internasional;
c. Terpenuhinya kebutuhan SDM di sekolah yang sesuai dengan kebutuhan sebagai sekolah rintisan SMA-BI (kemampuan Bahasa Inggris, kemampuan pengoperasian komputer dan internet, kemampuan menggunakan ICT dalam pembelajaran, dan sebagainya);










5. Sarana dan Prasarana

Hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengembangan sarpras ini adalah:
a. Tersusunnya program-program yang dalam upaya pengembangan fasilitas sekolah berstandar internasional;
b. Terpenuhinya fasilitas pokok sekolah bertaraf/berstandar internasional, seperti fasilitas laboratorium Bahasa Inggris, laboratorium IPA (Biologi, Fisika-Kimia), laboratorium komputer (dengan komputer Pentium 4), jaringan internet yang terpasang lengkap ke sistem (lab. Komputer, perpustakaan, ruang guru, ruang kepala sekolah, TU, ruang multi media, dan sebagainya), pusat multi media, dan peralatan media pembelajaran di kolas (TV. VCD, Tape, OIIP, LCD, laptop. dan lain-lain);
c. Terpenuhinya fasilitas pendukung berstandar internasional untuk pembelajaran sekolah dan manajemen sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing;
6. Manajemen
Hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengembangan manajemen ini adalah:
a. Tersusunnya program-program yang dalam upaya pengembangan manajemen sekolah berstandar internasional;
b. Diimplementasikannya model manajemen berbasis sekolah secara penuh;
c. Diimplementasikannya model manajemen sekolah dengan standar internasional (ISO 9001):
d. Terdapat jalinan kerjasama dengan sekolah sederajat yang telah berstandar internasional, baik dari dalam maupun luar negeri dalam bentuk MoU.






7. Pembiayaan
Hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengembangan pembiayaan ini adalah:
a. Tersusunnya program-program yang dalam upaya pengembangan pembiayaan sekolah berstandar internasional;
b. Diperolehnya banyak sumber pendanaan penyelenggaraan pendidikan berstandar internasional, baik dari lingkungan sekitar sekolah, pemerintah daerah, pemerintah pusat, lembaga lain, dunia usaha/industri, baik di dalam maupun dari luar negeri;
c. Terpenuhinya standar pembiayaan pendidikan standar internasional per anak per tahun;
8. Penilaian
Hasil yang diharapkan dapat diperoleh darn pengembangan penilaian ini adalah:
a. Tersusunnya program-program yang dalam upaya pengembangan sistem penilaian pendidikan di sekolah berstandar internasional:
b. Ditetapkannya berbagai standar nilai yang bertaraf internasional:
c. Ditetapkannya model penilaian sesuai tuntutan kurikulum internasional:
d. Dilaksanakannya berbagai model penilaian pembelajaran yang berstandar internasional
e. Dilaksanakannya ujian akhir sekolah dengan standar internasional;
f. Terdapat dokumen penilaian di sekolah.
9. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
a) Terpenuhinya sekolah bersih dan sehat dan berwawasan lingkungan.
b) Terpenuhinya sarana prasarana 6K di sekolah
c) Masyarakat sekolah terbiasa dengan budaya bersih dan sehat nyaman dan indah
H. FORMAT
Diisi format-format seperti di bawah ini:
1. Evaluasi Diri (lampiran 1)
2. Rencana Kerja Jangka Menengah 5 Tahunan (lampiran 2)
3. Rencana Kerja Tahun Pelajaran 2010/2011 (lampiran 3)
4. Action Plan Tahun Pelajaran 2010/2011 (lampiran 4)

LAMPIRAN-LAMPIRAN:
1. LISM tahun 2009.
2. Foto copy No. Rekening atas nama sekolah.
3. Surat Dukungan (komite sekolah, Dinas Pendidikan Kab./Kota/Pem. Kab./Pemkot., Dinas Pendidikan Propinsi/Pemerintah Propinsi, Yayasan).
4. Foto copy akreditasi sekolah.